| PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN | |
|
|
|
Pengirim | Message |
---|
irma mul Tamu
| Subyek: bio2b unindra Thu Apr 10, 2008 12:26 pm | |
| Perbedaan antara pendidikan dan pengajaran Pendidikan yaitu upaya untuk menambah wawasan ,pengetahuan dan kemampuan guna pengembangan dirinya dalam belajar dan adanya arahan-arahan dari seseorang yang lebih ahli.Pengajaran yaitu upaya pemanfaatan atau penggunaan ilmu yang didapat untuk meningkatkan keterampilan,bakat,dan potensi yang dimiliki seseorang untuk menghadapi kemjauan Zaman dan sebagai bekal seseorang bersaing di dalam kehidupan.
Posisi eskalasi mental seseorang
Posisi eskalasi mental seseorang tidak terbatas,karena setiap individu mengalami posisi eskalasi mental yang berbeda-beda dalam setiap menghadapi puncak kedewasaan,terkadang dipengaruhi seiring bertambah dewasanya seseorang juga saat ia dihadapkan dalam permasalahan-permasalahan yang menuntut seseorang dalam berpikir dann bersikap,hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan masyarakat. |
|
| |
nina Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 11:04 am | |
| diskusi pertama: Pendidikan Saya lebih setuju dengan pengertian pendidikan yang pertama,yaitu upaya nyata untuk memfasilitasi individu lain, dalam mencapai kemandirian serta kematangan mentalnya sehingga dapat survive di dalam kompetisi kehidupannya.karena menurut saya pendidikan merupakan suatu upaya nyata yang fasilitatornya berupa keluarga ,lingkungan, sekolah,dll.Dimana peran dari fasilitatorlah yang kemungkinan terbesar dapat membantu atau mempengaruhi setiap individu baik dari segi mental, rohani, tingkah laku, pola pikir setiap individu sehingga terbentuklah suatu pengetahuan, teknologi dan keterampilan serta tingkat kecerdasan dan pengendalian emosinya sehingga mampu survive di dalam kehidupannya. |
|
| |
lina rol Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 11:16 am | |
| Saya setuju dengan pengertian 2 karena:
(pengertian kedua) karena memang benar pendidikan adalah pengaruh bimbingan dan arahan dari orang dewasa yang dimaksud disini orang yang lebih paham tentang sesuatu hal sehingga kita dapat mengerti lebih jauh lagi hal-hal yang ingin kita ketahui, karena kita sebagai generasi muda sangat besar rasa keingintahuannya, nah disinilah seorang pembimbing harus dapat memberikan sesuatu yang sesuai dengan keingintahuan kita.Dengan mengetahui banyak hal kita dapat meningkatkan kematangan mental kita dalam berpikir. |
|
| |
nina Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 11:25 am | |
| Diskusi Kedua:
1. Pendidikan merupakan upaya untuk memfasilitasi individu lain, dalam mencapai kemandirian serta kematangan mentalnya sehingga dapat survive di dalam kompetisi kehidupannya.Sedangkan pengajaran merupakan cara yang digunakan atau metode yang digunakan dalam pendidikan untuk mengupayakan tercapainya kemandirian serta kematangan mental dari individu lain sehingga dapat survive dalam kompetisi kehidupannya.
2.Posisi Eskalasi Menurut saya posisi eskalasi seseorang itu terjadi pada saat seseorang ( individu ) telah mampu menilai atau menentukan suatu hal dalam hidupnya yang menurutnya baik atau buruk dan mampu menampung pendapat dari orang lain mengenai tindakannya tersebut dengan baik, untuk kemudian mencermatinya sebagai koreksi terhadap dirinya sendiri. |
|
| |
setia Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 11:34 am | |
| Diskusi Kedua:
1.Pada dasarnya pendidikan berbeda dengan pendidikan. Pendidikan mencakup ruang lingkup yang luas dan lebih menyeluruh serta berjalan seumur hidup. Dimana didalamnya terjadi proses pembentukan karakter atau kepribadian seseorang sedangkan pengajaran merupakan bagian dari lingkup pendidikan yang didalamnya terjadi transfer ilmu dari yang tidak tahu menjadi tahu, tidak menengerti menjadi mengerti dan dari tidak paham memjadi paham, hanya sebatas itu.Namun keduanya merupakan satu kesatuan yang saling berkaitan dan saling melengkapi....
2. Menurut saya ...titik puncak mental seseorang itu ketika seseorang dihadapkan pada berbagai persoalan hidup yang menimbulkan sikap kemandiriaan dan kedewasaan serta kematangan diri menjadi manusua seutuhnya dimana tingkat krdewasaan setiap orang berbeda-berbeda, tidak terbatas pada faktor usia... |
|
| |
atiah Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 11:46 am | |
| Diskusi pertama
Saya lebih suka pengertian yang ketiga karena pendidikan adalah wadah untuk mengeksplor kemampuan masing-masing individu dalam mencapai kesuksesan.Seseorang dikatakan sukses apabila orang itu mampu mengendalikan keadaan hidupnya dengan kemapuan yang dimiliki dan ia mampu bersaing didalam kehidupannya.Kemampuan seseorang diukur dari tingkatan pendididkan ini adalah pengertian yang salah sebab kemampuan seseorang bukan hanya diukur dari segi pendidikan saja melainkan dari keahlian individu tersebut.Banyak sarjana -sarjana mengambil profesi bukan pada keahliannya tanpa bekal yang cukup seseorang akan sulit menjalani kehidupan ini.
Diskusi kedua:
1.Pendidikan adalah upaya untuk membekali individu dalam berkompetisi dalam kehidupan untuk mencapai kesuksesan Pengajaran adalah suatu proses untuk mencapai bekal pengetahuan untuk berkompetisi didalam kehidupan. 2.esklasi mental seseorang itu terjadi apabila mereka ingin menuju kedewasaan karena seseorang yang dewasa harus dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi dirinya. |
|
| |
NETRA Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 12:05 pm | |
| DISKUSI PERTAMA
Saya setuju dengan pengertian yang pertama karena pendidikan didalamnya akan menentukan keberhasilan anak didik, jadi pendidikan untuk memfasilitasi atau membekali individu untuk mencapai kemandirian sangat tepat karena apabila anak didik sudah dibekali dan difasilitasi yang akan mendukung cita-cita masa depannya maka dengan mudah anak didik tersebut mampu dengan cepat memproleh apa yang mereka inginkan karena pembekalan itu menjadi dasar untuk melakukan cita-cita mereka.
DISKUSI KEDUA
Pendidikan adalah wadah dimana seseorang belajar mengerti, memahami, tentang segala sesuatu didalamnya yang akan dipelajari sehingga kita menjadi mengetahui tentang hal itu.Selanjutnya didalam pendidikan bisa membentuk kemandirian dalam diri sehingga kita dapat melakukan hal untuk lebih baik lagi. Pengajaran adalah suatu sistem atau proses didalam pendidikan dimana proses dalam pengajaran antara anak didik dan pengajar saling berkaitan dalam proses suatu pengajaran cara seorang pengajar dalam memberikan materi anak didiknya dalam mengajar akan sangat berpengaruh pada diri anak didik jadi pengajaran akan berjalan dengan baik apabila ada komunikasi yang baik antara semua yang terlibat dalam lembaga pendidikan
Eskalasi Menurut saya titik puncak mental seseorang dimana seseorang itu akan memutuskan sesuatu hal dalam dirinya.Dimana keputusan yang diambil benar-benar dipikirkan sehingga menghasilkan keputusan yang baik untuk dirinya dengan memikirkan segala kemungkinan yang akan terjadi akibat sesuatu yang diambilnya. |
|
| |
lina Tamu
| Subyek: biologi 2B unindra Fri Apr 11, 2008 12:15 pm | |
| Diskusi dua Pendidikan adalah usaha untuk mendidik seseotrang utuk menjadi klebih dewasa baik dalam moral maupun dalam pembentukan karakter diri seorang anak didik agar menjadi seseorang yang matang dalam kehidupannya sebelum dia benar -benar masuk kedalam lingkungan masyarakat. Penajaran adalah suatu proses belajar yang hasilnya disebut ilmu dini tugas pebgajar hanya memberikan ilmu kepahda anak didik bisa disebut hanya sebagai transfer ilmu tapi tidak memberikan pesan moral kepada anak didiknya hanya berupa ilmu saja.
ESKLASI
Dapat terjadi apabila seseorang itu telan mencapai tingkat kedewasaannya, hal ini juga dapat terjadi bila seseorang tel;ah mengalami sesuatu yang dapat meningkatkan keyakinan pada dirinya.Dengan demikian kita dapat membedakan mana yang baik dan buruk baikdalam kehidupan sehari-haari maupun dalam kehidupan beragama sehungga kita lebih matang dalam menghadapi berbagai masalah |
|
| |
novita Tamu
| Subyek: Mhs Unindra Biologi 2A Fri Apr 11, 2008 2:08 pm | |
| menurut saya pendidikan dan pengajaran sangat berbeda karna pendidikan adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang nyata untuk mencapai suatu kemandirian serta kematangan mental untuk dapat survivei dalam kehidupan atau masa depan. pengajaran adalah mmenitikberat kan pada wawasan seseorang dalam bidang pengetahuan,kesehatan yang mempengaruhi hidup seseorang. |
|
| |
novita Tamu
| Subyek: Mhs Unindra Biologi 2A Fri Apr 11, 2008 2:14 pm | |
| Tingkat kematangan mental seseorang akan berkembang saat usia mereka menginjak dewasa pada saat mereka duduk di bangku SMP dan SMA.di mana mereka di hadapkan pada berbagai masalah eshinga mereka akan berpikir dewasa untuk memecahkan masalah yang ia hadapi.di situlah sedikit demi sedikit kematangan mental nya akan berkembang. |
|
| |
masliyah Tamu
| Subyek: biologi 2b unindra Fri Apr 18, 2008 9:58 am | |
| Diskusi pertama 1. Saya setuju dengan pendapat yang pertama karena pendidikan merupakan upaya untuk memfasilitasi atau membekali setiap individu menuju kemandirian karena dengan adanya fasilitas tersebut setiap individu membekali dirinya untuk kehidupan yang akan datang dan persaingan yang akan mereka hadapi di masa yang akan datang. Diskusi kedua 1. Pendidikan adalah suatu kegiatan yang terencana untuk membekali peserta didik dengan cara sistematis dan sistematik agar terbentuknya kepribadian yang baik. Sedangkan pengajaran adalah suatu proses atau aktivitas untuk mencapai pengetahuan teknologi dan keterampilan serta meningkatkan kecerdasan dan pengendalian emosinya. 2. Eskalasi mental seseorang ialah pada saat seseorang mendapatkan cobaan atau masalah yang cukup berat dan orang itu tidak mendapatkan jalan keluarnya. |
|
| |
andriyan Tamu
| Subyek: biologi 2b unindra Fri Apr 18, 2008 10:19 am | |
| diskusi 1 1.saya setuju dengan pendapat yang ke 2 karena pendidikan didapat atau dilakukan sejak dia lahir sampai dia tidak mampu lagi menerima pendidikan.seseorang yang mendapatkan ilmu harus bisa merealisasikan ilmunya kepada orang lain supaya terciptanya generasi yang mampu bersaing dengan yang lain.
diskusi 2 1.pendidikan adalah proses pembentukan pribadi menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat karena dari pendidikan tersebut kita bisa merubah semuanya.pengajaran adalah seseorang yang memiliki pendidikan yang cukup dan mengejarkan pada orang lain supaya mereka dapat mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang ada di dirinya.
2.titik puncak mental seseorang berada pada emosi dan mendapatkan suatu masalah yang tidak dapat dipecahkan sendiri. |
|
| |
neneng h Tamu
| Subyek: unindra biologi 2b Sun Apr 20, 2008 7:04 pm | |
| Diskuisi pertama
1.ya saya setuju dengan pendapat pertama karena dengan belajar kita memeuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik,luhur,pantas,benar dan indah untuk kehidupan.serta untuk pembekalan agar seseorang mampu bersaing didalam kehidupannya,tanpa adanya pembekalan diri seseorang akan lemah dan tidak bisa menyelesaikan masalah sendiri.
Diskusi kedua
1.pendidikan merupakan suatu kegiatan yang sistematis dan sistemik teraarah kepada terbentuknya kepribadian pesreta didik melalui tahap-tahap berkesimbungan(prosedural) dan sustematik oleh karena berlangsung dalam semua situasi kondisi disemua lingkungan yang saling mengisi.(lingkungan rumah,sekolah dan masyarakat).sedangkan pengajaran merupakan suatu proses atau aktivitas untuk pencapaian pengetahuan,teknologi dan keterampilan serta meningkatkan kecerdasan dan pengendalian emosinya.
2.titik puncak mental seseorang terletak ketika ia dihadapkan pada suatu masalah yang mengharuskan dia untuk memilih diantara 2 pilihan yang sama-sama sulit dan dia harus bisa mengambil keputusan,dan dari keputusan itu dia harus siap menanggung resiko dari keputusan yang dia ambil. |
|
| |
yena mel Tamu
| Subyek: unindra biologi2b Mon Apr 21, 2008 1:52 pm | |
| 1. ya setuju dengan no.2 Selain sebagai menstransfer ilmu pengetahuan pendidikan juga sebagai system pola asuh untuk dapat menuntun mereka kearah kedewasaan sehingga mampu berpikir secara kreatif, dinamis, dan mandiri dengan kematangan mental yang optimal. 2. a. pengajaran merupakan pola interaksi langsung dalam mentransfer materi yang disampaikan dan penerapan metode secara konkrit sedangkan pendidikan cenderung lebih kompleks dimana pendidik adalah professional yang terdidik dengan memiliki tujuan yang sama yaitu meliputi system-sistem pendidikan. b. Titik puncak mental seseorang terletak dimana dia mampu menyerap dan memecahkan masalahnya dengan pikiran yang logis dan control emosional bias menerima konsekuensi yang dia putuskan serta tanggung jawab. |
|
| |
veranita Tamu
| Subyek: unindra biologi2b Mon Apr 21, 2008 1:59 pm | |
| 1.Saya setuju dengan pengertian pendidikan no.1 Karena pendidikan itu sendiri dapat membuat seseorang berfikir dewasa dari waktu ke waktu seiring berlanjutmya usia.Pendidikan yang didapat entah dari orang tua,guru,dosen dapat meningkatkan kemandirian dalam diri seseorang. Untuk memecahkan masalah yang ada dengan kemampuan pola berfikirnya.Sehingga dengan adanya ilmu yang ia dapat,diharapkan mampu mempertahankan diri dalam permasalahan sosial masyarakatnya.
2.1.Perbedaan antara pendidikan dan pengajaran terletak pada prosesnya . Pendidikan lebih mengarahkan pada upaya-upaya kepada seseorang untuk bertindak. Sedangkan pengajaran itu lebih kompleks lagi,mengarah kepada tujuan akhinya yaitu seseorang dapat bertingkah laku baik atau memiliki kepribadian yang baik. 2.2.Eskalasi mental itu terletak pada cara berfikir seseorang secara rasional.Sebab seseorang yang telah dewasa akan dapat berfikir logis dalam memecahkan segala persoalan,menyampaikan usul-usul yang membangun (tidak secara asal) |
|
| |
ida mahm Tamu
| Subyek: unindra biologi2b Mon Apr 21, 2008 2:11 pm | |
| 1.Setuju dengan no.3 Pendidik haruslah mampu menggali kreatif dan bakat yang dimiliki siswa agar terarahkan sehingga dapat berkompetisi dengan kematangan mental dan menguasai IPTEK 3. a. Pengajaran ialah pola mengajar langsung secara berangsur dalam menyampaikan materi terjadi secara tatap muka. Adapun pendidikan yaitu sisitem kesatuan sebagai pendidik yang harus terdidik secara professional. b. Titik puncak mental seseorang terletak apabila pemikiran orang tersebut baik dalam berdasarkan pengalaman, pengetahuannya, dapat teraplikasikan secara nyata dengan tanggung jawab penuh dan menerima konsekuensinya. |
|
| |
dini lar Tamu
| Subyek: biologi 2b Mon Apr 21, 2008 3:00 pm | |
| diskusi pertama saya setuju dengan pegertian pendidikan yang pertama karena pendidikan itumencakup dalam segala hal, baik dalam segi intelektual, religius, moril, atau pun interaksi dalam kehidupan. yang mana dari semua hal itu dapat mempengaruhi perkembangan individu dalam tingkah laku, pengetahuan(umum dan khusus) atupun keterampilan sehingga individu tersebut menjadi manusia yang mandiri. diskusi kedua 1. perbedaan antara pendidikan dan pengajaran pendidikan itu bermaksud membantu pesaerta didik untuk menumbuh kembangkan potensi yang dimilikinya dapat bermanfaat bagi dirinya atupun orang lain, yang dapat membuahkan sikap mental dan tingkah laku yang baik dan menjadi orang yang profesianal atau ahli didalam bidangnya pengajaran itu merupakan cara atau metode yang digunakan seorang pendidik untuk mendidik peserta didiknya manjadi yang berhasil dalam pembelajaran
2. titik puncak mental seseorang ada pada saat seseorang bisa menguasai situasi dan kondisi yang ditunjang dengan mental yang kuat yang mampu berfikir secara profesional.tidak hanya itu orang itupun harus memiliki semangat atau motifasi yang mendorong dia untuk tetap optimis. |
|
| |
LENI WID Tamu
| Subyek: Jawaban dari materi diskusi diatas Sat May 03, 2008 1:27 pm | |
| saya setuju dengan pernyataan nomer 3 karena dengan adanya pendidikan kita bisa berkembang dan kita bisa berinteraktif secara cerdas sehingga kita bisa membuat hidup kita lebih maju. Menurut saya PENDIDIKAN: Suatu sarana yang dapat mendidik masyarakat sesuai dengan kemampuan kita untuk menjadi seseorang yang mengamalkan apa yang telah kita peroleh selama ini dan dengan adanya pendidikan masyarakat menjadi lebih bertanggung jawab sehingga menjadi manusia yang cerdas dan interaktif. Menurut saya PENGAJARAN:Suatu kemampuan kita yang akan kita eksplore kepada seseorang yang membutuhkan pendidikan sesuai dengan kemampuan kita dan dilakukan secara ikhlas dan kita harus bangga dengan apa yang telah kita ajarkan kepada masyarakat luas. makasi pa......... |
|
| |
aulia.co Tamu
| |
| |
erlin Tamu
| Subyek: diskusi bareng pak darsana Sat May 03, 2008 1:53 pm | |
| |
|
| |
DIAN 2B Tamu
| Subyek: pendapat saya mengenai diskusi ini Wed May 14, 2008 1:02 pm | |
| Menurut pendapat saya tentang perbedaan pengajaran dan pendidikan adalah : 1 .Pengajaran adalah sistem pendidikan yang terdapat tenga pendidik dan anggota didik ,oleh karena itu pada dasarnya semua saling berhubungan timbal balik . 2 .eksalasi pendidikan adalah tindakan seseorang yang telah mencapai puncak dalam menunjukkan tingkat kemampuan seseorang . |
|
| |
anna Tamu
| Subyek: Re: PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN Sun Oct 10, 2010 10:07 am | |
| saya setuju dengan pengertian pendidikan yg ke tiga. karena pendidikan pada dasarnya memang diberikan sebagai bekal untuk maju. disini maksudnya dengan bekal diberikannya pendidikan maka seseorang dapat merubah dirinya dari yang kurang baik menjadi baik,pendidikan juga dapat merubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik. |
|
| |
Sponsored content
| Subyek: Re: PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN | |
| |
|
| |
| PENGERTIAN PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN | |
|